Kamis, 16 Juli 2009

thumbnail

Mengenal penemu Algoritma


Terminologi algoritma, mungkin bukan sesuatu yang asing bagi kita. Penemunya adalah seorang ahli matematika dari uzbekistan yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi. Di literatur barat beliau lebih terkenal dengan sebutan Algorizm.

Panggilan inilah yang kemudian dipakai untuk menyebut konsep algoritma yang ditemukannya. Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi (770-840) lahir di Khwarizm (Kheva), kota di selatan sungai Oxus (sekarang Uzbekistan) tahun 770 masehi. Kedua orangtuanya kemudian pindah ke sebuah tempat di selatan kota Baghdad (Irak), ketika ia masih kecil. Khwarizm dikenal sebagai orang yang memperkenalkan konsep algoritma dalam matematika, konsep yang diambil dari nama belakangnya.

Al khwarizmi juga adalah penemu dari beberapa cabang ilmu matematika yang dikenal sebagai astronom dan geografer. Ia adalah salah satu ilmuwan matematika terbesar yang pernah hidup, dan tulisan-tulisannya sangat berpengaruh pada jamannya. Teori aljabar juga adalah penemuan dan buah pikiran Al khwarizmi. Nama aljabar diambil dari bukunya yang terkenal dengan judul "Al Jabr Wa Al Muqabilah". Ia mengembangkan tabel rincian trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus dan kotangen serta konsep diferensiasi.


Pengaruhnya dalam perkembangan matematika, astronomi dan geografi tidak diragukan lagi dalam catatan sejarah. Pendekatan yang dipakainya menggunakan pendekatan sistematis dan logis. Dia memadukan pengetahuan dari Yunani dengan Hindu ditambah idenya sendiri dalam mengembangkan matematika. Khwarizm mengadopsi penggunaan angka nol, dalam ilmu aritmetik dan sistem desimal.

Beberapa bukunya banyak diterjemahkan kedalam bahasa latin pada awal abad ke-12, oleh dua orang penerjemah terkemuka yaitu Adelard Bath dan Gerard Cremona. Risalah-risalah aritmetikanya, seperti Kitab al-Jam'a wal-Tafreeq bil Hisab al-Hindi, Algebra, Al-Maqala fi Hisab-al Jabr wa-al-Muqabilah, hanya dikenal dari translasi berbahasa latin. Buku-buku itu terus dipakai hingga abad ke-16 sebagai buku pegangan dasar oleh universitas-universitas di Eropa. Buku geografinya berjudul Kitab Surat-al-Ard yang memuat peta-peta dunia pun telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris.

Buah pikir Khwarizmi di bidang geografi juga sangat mengagumkan. Dia tidak hanya merevisi pandangan Ptolemeus dalam geografi tapi malah memperbaiki beberapa bagiannya. Tujuh puluh orang geografer pernah bekerja dibawah kepemimpina Al khwarizmi ketika membuat peta dunia pertama di tahun 830. Ia dikisahkan pernah pula menjalin kerjasama dengan Khalifah Mamun Al-Rashid ketika menjalankan proyek untuk mengetahui volume dan lingkar bumi.

Sumber : Ilmukomputer.com

Referensi
http://dir.yahoo.com/Science/Mathematics/Mathematicians/
http://www.muslimtents.com/almarja/khawariz.html
http://www.pesantren.net

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

20 Comments

avatar

owh gt..
http://gooddell.blogspot.com/

Reply Delete
avatar

Wah dari sini saya jadi tahu siapa penemu algoritma :) hehehehe :) makasih infonya ya :) semangat.....

(Blog Penghasil Uang)

Reply Delete
avatar

jadi teringat kembali tentang sejarah...anehnya yang disbut bukan Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi, tapi nama orang eropa..aneh..tapi aq tetep bangga dengan bu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi...semangat

Reply Delete
avatar

wah info na mendidik bgt nic,, w jd inget lg cpa penemu algoritma.. makasih info na sob,,,

Reply Delete
avatar

info yang sangat menarik hal ini yang jarang sekali di bahas tentang sejarah suatu ilmu tetap berkarya ya mas..

link mas sudah saya pasang di blog saya kalo gak keberatan link saya balik ya mas

http://klikalfon.co.cc

Reply Delete
avatar

waahhh.. alogaritma membuat kpla saya pusingg... hehehe

Reply Delete
avatar

algoritma ini yg dipake sama om gugel utk dasar penghitungan page rank ya?

Reply Delete
avatar

aku juga sama bingungnya ama sigit, kenapa yang di publikasikan nama orang eropa bukannya Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi ?

Reply Delete
avatar

@budiawan hutasoit: wah kalo itu saya juga gak tau tu

Reply Delete
avatar

trims infonya. berharga banget. tks

Reply Delete
avatar

baru tau nih penemunya...memang hal-hal seperti ini sering terlupakan...

Reply Delete
avatar

wuah info bagus, blog saya yang tentang matematika belum ada info seputar tokoh matematika. Jadi pengen nambah menu nih...:)
makasih inspirasinya.

Reply Delete
avatar

mntap laaaaaa,,,,postnya,,,
btw gmn lw,,,kita adakan klik ads bersama,mksudx bergantian antum klik ads saya,saya klik ads km ...nah ini kita lakukan setiap hari... gmn????????
krn jika yg kita lakukan ini berjalan maka apa yg kita lakukan diinternet bisa membuahkan hasil...
jawaban aq tunggu....
salam buka puasa....

Reply Delete
avatar

al-khawarismi yg nemuin algoritma?? cool ! jenius abis..

Reply Delete
avatar

ehm, pinter bgt yah.? bisa sampai nemuin algoritma, :D mnurutku, sulit bgt itu..? :0

Reply Delete
avatar

makasih banyak buat infonya gan, sukses selalu ya buat webnya :)

Reply Delete
avatar

Wah penemunya pasti jenius sekali,,saya yang cuma mempelajari aja sampe dibuat bingung

Reply Delete