Senin, 28 Juni 2021

thumbnail

Bernilai Lebih dari Rp13 Kuadriliun! Ini 7 Perusahaan di Bawah Alphabet Inc, Induk Google

 Beberapa hari yang lalu, pendiri Google dan Alphabet, Larry Page dan Sergey Brin memutuskan untuk hengkang dari posisi CEO Alphabet, perusahaan induk dari Google. CEO Alphabet kini diisi oleh Sundar Pichai yang juga sebagai CEO Google.

Selain Google, Alphabet memiliki beberapa perusahaan lain yang bergerak di berbagai bidang. Dilansir dari berbagai sumber oleh AKURAT.CO, berikut 7 anak perusahaan dari Alphabet Inc.

1. Calico Labs


 

Calico Labs didirikan pada tahun 2013 oleh Bill Maris di San Fransisco, Amerika Serikat. Anak perusahaan Alphabet ini bergerak di bidang penelitian dan pengembangan biotek. Beberapa penelitian terkini yang sedang dikembangkan adalah mengenai penuaan dini hingga berbagai penyakit saraf yang menyebabkan kanker.

2. CapitalG dan GV


 

CapitalG dan GV adalah perusahaan ekuitas yang berfokus pada investasi di berbagai perusahaan teknologi. Meskipun sama-sama perusahaan ekuitas, keduanya memiliki fokus yang berbeda.

CapitalG fokus berinvestasi pada berbagai perusahaan yang sudah mengalami perkembangan dan mulai memberikan profit. Sedangkan GV fokus pada startup yang masih berkembang, dengan memberikan pendanaan mulai dari seed hingga serie E.

Beberapa perusahaan yang didanai oleh CapitalG adalah AirBnB, Lyft, Glasdor, Cloudflare, dan lainnya. Sedangkan GV mendanai mulai dari Slack, Uber, Medium, dan sebagainya.

3. Nest



 

Nest masuk dalam jajaran anak perusahaan Alphabet pada tahun 2014, setelah didirikan oleh salah satu insinyur Apple Tony Fadel pada 2010. Dibeli seharaga Rp43 miliar, Nest adalah brand yang menyediakan berbagai peralatan pintar atau biasa disebut Internet of Things. Beberapa di antaranya adalah alat pendeteksi asap, thermostat, hingga berbagai alat keamanan berbasis artificial intelligence.

4. Sidewalk Labs


 

Untuk mengatasi segala permasalahan di lingkungan urban, mulai dari infrastruktur ramah lingkungan, efisiensi transportasi, hingga efisiensi energi listrik, Alphabet Inc mendirikan Sidewalk Labs. Didirikan pada tahun 2015, Sidewalk Labs juga bekerja sama dengan Departemen Transportasi pemerintah Amerika Serikat.

5. Verily


 

Alphabet memberikan perhatian besar pada penelitian di bidang ilmu pengetahuan Alam dan sosial dan dengan menggunakan teknologi untuk mencari solusi terbaik. Verily sendiri dulunya adalah sebuah organisasi penelitian yang didirikan pada 2015.

6. DeepMind


 

Dikembangkan di Inggris pada 2010, DeepMind Technologies adalah anak perusahaan Alphabet Inc yang bergerak di perkembangan artificial intelligence. Perusahaan yang berbasis di London ini memiliki pusat penelitian di Kanada, Prancis, dan Amerika Serikat. Beberapa program yang sedang dijalakan adalah AlphaGo, AlphaZero, AlphaFold, WaveNet, dan lainnya.

7. Google


 

Alphabet didirikan karena Google Inc telah berkembang ke berbagai bidang. Dimulai pada tahun 1998 oleh Sergey Brin dan Larry Page, Google kini menjadi sebuah perusahaan multinasional anak dari Alphabet Inc yang juga memiliki berbagai anak perusahaan. Beberapa di antaranya adalah Youtube, Android, Google Chrome, dan Gmail.

Kini Alphabet Inc menjadi salah satu konglomerat multinasional yang berpusat di Mountain View, California, Amerika Serikat. Bahkan, kini Alphabet jadi salah satu perusahaan yang paling berharga di dunia dan perusahaan teknologi terbesar ke lima di dunia.

sumber : https://akurat.co/bernilai-lebih-dari-rp13-kuadriliun-ini-7-perusahaan-di-bawah-alphabet-inc-induk-google

 

 

 

 

 

 

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments