Senin, 04 Juli 2022

thumbnail

Bagaimana Cara Menentukan Diet yang Tepat Untuk Saya?






Bagaimana Cara Menentukan Diet yang Tepat Untuk Saya? - Memilih pola diet yang paling cocok atau sesuai dengan kemampuan kita terkadang membingungkan. Betul, diet yang kita lakukan sebenarnya harus menyesuaikan dengan kemampuan kita. Kalau kita tidak mampu melakukan diet, maka jangan lakukan diet, jangan terpaksa atau hanya sekedar ikut-ikutan.

Untuk itu jika salah dalam melakukan diet makan akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Sebelum melakukan diet, lebih buat terlebih program atau rencana diet, misalnya menentukan nutrisi, cara diet yang tepat, dan konsultasi dengan ahli gizi untuk program diet.

Melakukan diet bukan hanya sekedar mengurangi asupan makan dan harus rela menahan lapar sepanjang hari atau bahkan puasa dalam beberapa waktu tertentu.

Padahal jika kamu mengurangi asupan makan tanpa memperhatikan nilai gizi atau nutrisi yang kamu butuhkan, maka akan membuat kamu malah menjadi lemas, mudah sakit, dan tidak aktif karena aktivitas kamu terganggu.
Bagaimana Menentukan Cara Diet yang Tepat untuk Saya?

Sebelum menentukan pola diet yang tepat yang akan kamu jalani, alangkah baiknya kamu ketahui dulu apa itu diet, diet bukan hanya sekedar mengurangi asupan makan yang akan menyebabkan berat badan turun dan tubuh menjadi kurus.

    Bukan seperti itu, diet itu sebenarnya kebiasaan cara hidup yang dilakukan untuk tujuan tertentu namun tetap menjaga kesehatan badan dengan baik.

Tujuan diet sendiri memang benar untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kadar lemak atau kolesterol dalam tubuh. Namun ada juga diet yang dilakukan untuk pengobatan penyakit.

Untuk menentukan diet yang tepat, kamu harus membuat perencanaan terlebih dulu atau tujuan diet yang kamu lakukan:

    Menaikkan berat badan?
    Menurunkan berat badan?
    Menambah stamina?
    Menjaga atau menurunkan kadar lemak atau kolesterol dalam tubuh?
    Mencegah penyakit tertentu misalnya DM?
    atau untuk awet muda?

Jika kamu bisa menentukan tujuan diet yang kamu lakukan maka kamu bisa dengan mudah melakukan diet. Namun selain itu, ada beberapa hal yang juga harus kamu perhatikan sebelum melakukan diet yaitu:

    Berat badan
    Penyakit
    Profesi
    Kadar lemak dalam tubuh
    Olahraga atau aktivitas
    Pola tidur atau istirahat
    Pola makan atau jumlah menu yang dikonsumsi setiap hari

Jika tujuan dan hal-hal yang harus kamu perhatikan diatas bisa kamu tentukan, maka kamu bisa melakukan diet dengan baik. Namun jika kamu merasa bingung dalam menentukan diet, alangkah baiknya kamu konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter kamu.

Berhasil atau Tidak Diet yang Dilakukan

Melakukan diet memang susah-susah sulit, susahnya saat melakukan diet harus mengurangi asupan makan. Sulitnya adalah menjaga keberhasilan diet yang sudah dilakukan. Setiap keberhasilan diet yang dilakukan tentunya hasilnya berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya.

Selain itu waktu dan pola diet antara orang yang satu juga berbeda meskipun pada intinya sama, sama-sama menahan rasa lapar dan mengurangi asupan makanan. Untuk mengetahui diet berhasil atau tidak, berikut beberapa hal yang bisa kamu perhatikan:

Tanda-tanda diet berhasil:

    Berhasil dijalankan sehari-hari
    Mudah, tidak terasa berat atau terpaksa melakukannya
    Dapat dilakukan jangka panjang
    Mencapai tujuan yang diinginkan

Tanda-tanda diet tak berhasil:

    Sulit dilakukan
    Menjanjikan hasil yang cepat
    Tidak dapat dilakukan jangka panjang
    Tidak memberikan hasil sesuai dengan tujuan diet

Diet boleh saja dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja namun saat melakukan diet jangan pernah latah atau ikut-ikutan teman kamu karena hal ini sangat beresiko bagi kesehatan kamu.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, lakukan diet jika memang harus dilakukan dan memperhatikan kondisi kesehatan kamu, selain itu selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan cara diet yang tepat.

https://www.digitalpoin.com/2022/04/bagaimana-cara-menentukan-diet-yang-tepat.html

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments