Jumat, 29 Juli 2022

thumbnail

Biaya Tambah Daya Listrik PLN 2022 Terbaru

 


Listrik yang sering turun menandakan kamu butuh menambah daya. Lalu, berapakah biaya tambah daya listrik PLN terbaru? Dan bagaimana cara melakukan tambah daya listrik PLN?

Kamu pasti sering dibuat jengkel kalau listrik di rumah anjlok saat menyalakan peralatan elektronik. Hal ini bisa disebabkan oleh daya listrik rumah yang tidak mampu menampung beban listrik yang sudah melebihi kapasitas dayanya.

Masing-masing listrik di rumah tangga punya beban maksimal. Sering anjloknya meteran listrik diakibatkan karena kelebihan beban yang bisa merusakkan peralatan elektronik.

Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, kamu harus menambah daya listrik di rumah agar kamu bisa menggunakan listrik lebih leluasa tanpa harus khawatir listrik anjlok.

Apa Itu Tambah Daya Listrik?

Daya listrik adalah besarnya suplai tenaga listrik yang mengalir. Besaran daya listrik ini disimbolkan dengan volt ampere atau VA. Dalam rumah tangga, kategori daya listrik dibedakan menjadi 900 VA, 1.300 VA, 2,200 VA, dst. Seiring dengan bertambahnya pemakaian, daya listrik yang dibutuhkan juga bertambah.

 


 Jika daya listrik di rumahmu saat ini adalah 900 VA, namun masih belum stabil ketika menggunakan perangkat elektronik secara bersamaan, artinya kamu butuh meningkatkan daya tersebut.

Besaran penambahan dan biaya tambah daya listrik PLN itu sendiri berbeda-beda tergantung kebutuhan. Tentunya semakin besar penambahan, biaya juga semakin besar.

Syarat Tambah Daya Listrik

  • Menyetujui ketentuan penempatan Alat Pembatas dan Pengukur (APP) milik PLN agar petugas PLN lebih mudah melakukan pengecekan dan lebih aman.
  • Pelanggan sanggup menjaga APP dan perlengkapan yang diberikan PLN.
  • Memberikan biaya ganti rugi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan APP karena kelalaian atau kesengajaan pelanggan. Biaya ganti rugi disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.
  • Membayar tagihan listrik tepat waktu.
  • Membayar tagihan listrik susulan apabila ditemukan pelanggaran pemakaian tenaga listrik.
  • Hal ini juga berlaku apabila ada pemakaian yang tidak terukur secara penuh, biasanya karena ada ketidaknormalan pada alat ukur (bukan karena kesalahan pelanggan).

Untuk melakukan tambah daya listrik, ada dua cara yang bisa dilakukan. Yaitu, secara online dan offline. Berikut tata caranya.

Tambah Daya Listrik Secara Online

Untuk melakukan perubahan daya listrik, bisa melalui aplikasi PLN Mobile dengan mudah. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

 

  1. Gunakan aplikasi PLN Mobile, download dari Play Store.
  2. Buat akun menggunakan data profil kamu.
  3. Pilih menu Ubah Daya dan Migrasi.
  4. Ada 6 tahapan dalam pengisian data: (1) ID Pelanggan, (2) Detail lokasi melalui peta, (3) Pilih perubahan daya dan jenis koneksi pascabayar atau prabayar, (4) Mengisi data SLO, (5) Pilih peruntukan listrik, (6)* Mengisi data pelanggan dan NPWP
    (6)* Pengecekan NIK & NPWP secara online untuk kevalidan data.
  5. Permohonan ubah daya listrik bisa dikirimkan beserta nominal yang harus dibayar sesuai daya yang diajukan. Untuk pembayaran perubahan daya bisa ke loket PLN atau agen PPOB sesuai kode pembayaran.
  6. Dibutuhkan waktu hingga 10 hari kerja untuk memproses permintaan ubah daya oleh PLN, jadi tunggu saja hingga petugas PLN datang.

Syarat Tambah Daya Listrik Secara Offline

  1. Hubungi kantor PLN terdekat melalui telepon agar dihubungkan ke bagian pelayanan.
  2. Bawa dokumen berupa fotokopi rekening listrik terbaru, fotokopi KTP, dan lembar denah lokasi.
  3. Siapkan biaya tambah daya listrik sesuai Biaya Penyambungan (BP).
  4. Siapkan Uang Jaminan Pelanggan (JUL).
  5. Membawa materai.
  6. Mengisi data yang diperlukan untuk perubahan daya listrik.
  7. Lakukan pembayaran di loket pembayaran unit PLN terdekat.

Biaya Tambah Daya Listrik Terbaru 2022

Untuk menambah daya listrik, ada biaya yang perlu kamu siapkan. Biaya tambah daya listrik PLN terdiri dari beberapa komponen, yaitu biaya penyambungan, biaya MCB dan uang jaminan pelanggan.

Pastikan lebih dulu kamu mengetahui biaya tambah daya listrik PLN 2022 terbaru untuk dana yang harus kamu siapkan.

1. Biaya Penyambungan

Berikut rincian biaya tambah daya listrik untuk penyambungan.

2. Biaya Penggantian MCB

MCB atau Miniature Circuit Breaker adalah alat yang berfungsi untuk pembatasan arus listrik. Jika Anda ingin menambah daya, MCB perlu diganti supaya kapasitasnya sesuai dengan daya tersebut. Contoh, MCB untuk listrik 900 VA membutuhkan MCB dengan kapasitas minimal 4 Ampere, yang harganya sekitar Rp50 ribuan.

3. Uang jaminan pelanggan

Komponen biaya tambah listrik terakhir adalah khusus untuk pelanggan PLN pascabayar, yakni Uang Jaminan Pelanggan atau UJL saat ingin menambah daya. Untuk pelanggan prabayar, kamu tidak dikenakan biaya.

Sebagai contoh, UJL untuk tambah daya listrik dari 1.300 VA menjadi 2.200 VA adalah Rp219.300,00

Simulasi perubahan daya dari 1.300 VA menjadi 2.200 VA adalah sebagai berikut:


 

 

 

Seperti terlihat pada aplikasi PLN Mobile, untuk biaya tambah daya listrik PLN dari 1.300VA menjadi 2.200VA adalah Rp1.062.600,00

Tarif Listrik Terbaru 2022

Selama awal tahun 2022 ini tidak ada kenaikan tarif dasar listrik untuk seluruh golongan tarif, baik subsidi maupun non-subsidi. Berikut ini tarif listrik tahun 2022:

Golongan R-1/ Tegangan Rendah (TR) daya 900 VA, Rp 1.352 per kWh.
Golongan R-1/ TR daya 1.300 VA, Rp 1.444,70 per kWh.
Golongan R-1/ TR daya 2.200 VA, Rp 1.444,70 per kWh.
Golongan R-2/ TR daya 3.500-5.500 VA, Rp 1.444,70 per kWh.
Golongan R-3/ TR daya 6.600 VA ke atas, Rp 1.444,70 per kWh.
Golongan B-2/ TR daya 6.600 VA-200 kVA, Rp 1.444,70 per kWh.
Golongan B-3/ Tegangan Menengah (TM) daya di atas 200 kVA, Rp 1.114,74 per kWh.
Golongan I-3/ TM daya di atas 200 kVA, Rp 1.114,74 per kWh.
Golongan I-4/ Tegangan Tinggi (TT) daya 30.000 kVA ke atas, Rp 996,74 per kWh.
Golongan P-1/ TR daya 6.600 VA-200 kVA, Rp 1.444,70 per kWh.
Golongan P-2/ TM daya di atas 200 kVA, Rp 1.114,74 per kWh.
Golongan P-3/ TR untuk penerangan jalan umum, Rp 1.444,70 per kWh.
Golongan L/ TR, TM, TT, Rp 1.644,52 per kWh.

Demikian informasi tentang biaya tambah daya listrik PLN 2022 beserta cara menambah daya. Semoga bermanfaat. (tgh)

Terbuka Peluang Bisnis PPOB Terlengkap

Bisnis agen PPOB menjadi bisnis yang menguntungkan. Meski di masa pandemi, namun kebutuhan digital masyarakat Indonesia menjadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, beli pulsa data internet, voucher game, top up saldo emoney atau kebutuhan beli tiket pesawat, kereta, bus AKAP, atau pengiriman barang.

Semua bisa dilakukan di Loket Fastpay sebagai bisnis PPOB yang menjanjikan. Bisnis Fastpay bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka bisnis PPOB terlengkap bersama Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.



 

 

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments