Senin, 11 Juli 2022

thumbnail

Tahukah Anda, Bagaimana Cara Kerja Toilet Pesawat? Simak Jawabannya




 Toilet adalah perlengkapan yang memiliki kegunaan utama sebagai tempat pembuangan kotoran, yaitu urine dan feses. Toilet dikenal juga dengan nama kakus, kloset, jamban, atau WC (bahasa Inggris water closet).

Dikutip dari Mental Floss, Senin (11/7/2022), pada awalnya toilet hanya berada di rumah atau tempat-tempat yang tidak bergerak lainnya.

Namun, kini toilet juga tersedia di moda transportasi umum seperti bus, kereta, dan pesawat terbang.

Di pesawat terbang, fungsi toilet sangat penting. Pasalnya, moda transportasi udara ini tidak punya tempat persinggahan bagi penumpang untuk buang air.

Maka itu, tidak ada pilihan selain menggunakan toilet di dalam pesawat. Namun, apakah sistem kerja toilet pesawat sama dengan yang ada di rumah?

Toilet pesawat tidak mengandalkan tangki air untuk melakukan penyedotan dan menarik limbah seperti sistem kerja toilet rumahan.

Hal ini, karena mempertimbangkan biaya yang sangat besar untuk mengangkut ratusan galon air.

Fasilitas toilet pesawat yang sempit ini awalnya menggunakan pompa elektronik yang memindahkan limbah bersama dengan cairan penghilang bau yang disebut anotec.

Kendati demikian, selanjutnya metode ini tidak digunakan lagi-lagi karena pertimbangan biaya bahan bakar dan bertambahnya bobot pesawat.

Pada 1980-an, pesawat menggunakan pneumatic vacuum untuk menyedot cairan dan padatan menjauh ke bawah. Ketika tombol siram ditekan, katup di bagian bawah toilet terbuka sehingga alat itu menyedot keluar isinya ke sistem pembuangan tertutup.

Lapisan antilengket yang mirip wajan bergerak ke tangki penyimpanan di dekat bagian belakang pesawat dengan kecepatan tinggi.

Setelah pesawat mendarat, tangki dibersihkan dan dibilas menggunakan disinfektan.

https://techno.okezone.com/read/2022/07/11/56/2627251/tahukah-anda-bagaimana-cara-kerja-toilet-pesawat-simak-jawabannya?page=2

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments